Kamis, 15 Desember 2011

Our New Comer

Alhamdulillah, syukur banget Nakke bisa ngeblog lagi,hehe...itu juga karena dapet OL gratisan di ruang meeting fakultas.
Dan, Alhamdulillah banget, kami keluarga H. Awaluddin punya New Comer sejak dua hari yang lalu. Keluarga kami sudah bertambah lagi satu orang. Lahir dari rahim kakakku, Anti. Adek bayi yang baru lahir, seorang perempuan yang tembem dan kemerahan, montok pula. tanggal 13 Desember lalu. Tanggal yang cantik banget, 13/12/11, gimana..keren kaan??!!hehee...Beratnya juga normal, 3 kilo lebih.
.
Hari ini, NC pulang ke rumah setelah dua hari dirawat di tempat brojolnya..di RSIA Fatimah Makassar.
Aduuh,,,Nakke kangeennn banget sama NC ini....

Jumat, 09 Desember 2011

Bahagia dalam Tirai Hujan

Butiran-butiran kecil kristal berjatuhan,
menyapu raut wajah tak karuan,
ingin rasa menyemai kebahagiaan,
dalam bingkai bahtera kebersamaan,


Duhai dirimu,
tak kusangka kubertemu,
tiba-tiba saja ada di depanku,
dan akan selalu ada mendampingiku,

Masih saja butiran-butiran itu berjatuhan,
menyapu raut wajah dalam kebahagiaan,
ingin kuperlambat masa pertemuan,
agar kunikmati senyummu hingga buaian,

Yang kuingin pertalian tanpa ujung,
Antara dirimu dan diriku hingga masa ujung,
Naik tahta dan harta maupun dalam duka mengusung,
Insyaallah, diriku dan dirimu,di dunia dan di surga..........
(original poetry by Akbar Awaluddin Assaf)

*masih hujan dan dingin di kota Anging Mammiri, 10 Desember 2011 1.57am*

Kamis, 01 Desember 2011

Metabolisme Energi Para Atlet

Demam olahraga di Indonesia sudah sangat "mengkhawatirkan". Utamanya sepak bola. Demam untuk terus mendukung timnas sepak bola Indonesia di berbagai event, nasional maupun internasional sudah merambah segala umur, bahkan segala jenis kelamin *waah...memangnya ada berapa jenis kelamin di dunia ini?!hahaa..* Di setiap sudut di belahan bumi Indonesia selalu saja bergemuruh jika garuda-garuda berjuang mengalahkan lawan-lawannya dari arena ke arena, dari gelanggang ke gelanggang. Setelah SEA GAMES XVI yang dilangsungkan di dua kota di Indonesia, Jakarta dan Palembang, masyarakat Indonesia kembali disuguhkan dengan penampilan menawan dari timnas Indonesia Selection yang menjamu LA Galaxy, Rabu 30/11 tadi malam. "Ada harapang tawwa indonesa, gammariki mainna na lawang Becham", kata seorang warga Makassar yang menyaksikan pertandingan ini lewat layar kaca. Dan akhirnya Indonesia pun kalah 0-1 dari tim bule asal Amerika itu. Saya sendiri bisa dibilang selalu antusias saat menonton pertandingan demi pertandingan walau hanya di layar kaca. Dan saya pun bangga bisa termasuk FBI (Fans Berat Indonesia) dan mendukungnya, walau hanya doa dan kesetiaan menontonnya dari jauh.

Timnas Indonesia melakukan latihan. Latihan dan nutrisi dibutuhkan para atlet agar energi tubuhnya optimal saat bertanding.

Perjuangan para atlet olahraga kita, tentunya tidak lepas dari kemampuan fisik yang mumpuni untuk suatu pertandingan olahraga. Fisik yang terus menerus dilatih demi mendapatkan kemenangan pada suatu pertandingan olahraga telah menjadi perhatian saya sehingga muncul rasa penasaran dan pertanyaan tentang kondisi fisik para atlet dilihat dari fisiologinya. Sebagai seorang mahasiswa yang berkecimpung di dunia kesehatan, dalam hal ini Farmasi, maka saya pun mencari tahu tentang fisiologi para atlet, perbedaan fisik atlet pria maupun wanita, dan faktor-faktor penting dari fisik mereka yang perlu diperhatikan.

Setiap atlet memiliki kekuatan fisik yang sangat diperhatikan. Hal ini perlu untuk menunjang profesinya sebagai seorang atlet. Kekuatan fisik didapatkan dari berbagai macam latihan dan tentunya nutrisi yang selalu terjaga. Adapun fisik, tentunya latihan dititikberatkan pada kekuatan otot, kekuatan pernapasan, dan kekuatan jantungnya. Kita akan mencoba focus membahas mengenai bagian metabolisme energi pada otot.
Perbedaan Atlet Pria dan Wanita
Apakah kekuatan fisik atlet pria dan wanita memiliki perbedaan prinsip fisiologi dasar?  Pada buku fisiologi kedokteran yang dikarang oleh Guyton dan Hall, dikatakan bahwa sebenarnya, tidak ada perbedaan yang mendasar pada prinsip fisiologi atlet pria maupun wanita, kecuali perbedaan yang disebabkan oleh adanya perbedaan ukuran tubuh, komposisi tubuh, dan hormon pria yang dikenal dengan testosteron. Umumnya kekuatan tubuh dari wanita sekitar dua pertiga atau tiga perempat dari pria. Namun jika diukur berdasarkan tekanan kontraksi maksimum dari ototnya, wanita dan pria menghasilkan nilai yang hampir sama yaitu 3-4 kg/cm2.
Hormon juga merupakan suatu faktor penting yang membedakan kekuatan atlet pria dan wanita. Tentu saja atlet pria, yang memiliki testosteron, memiliki kekuatan yang lebih besar daripada wanita. Hal ini disebabkan oleh hormon tersebut, yaitu testosterone yang memiliki efek anabolik yang kuat dalam penyimpanan protein di setiap tempat pada tubuh, terutama otot. Hormon estrogen yang dihasilkan lebih banyak oleh wanita, memiliki sifat mampu meningkatkan penimbunan lemak pada jaringan-jaringan tertentu, khususnya pada payudara, paha, dan jaringan subkutan.
Otot memiliki kekuatan, daya, dan ketahanan
Dari buku Fisiologi berjudul Fisiologi Kedokteran oleh Guyton dan Hall, dikemukakan bahwa kekuatan otot bergantung pada besarnya kekuatan kontrasi yaitu antara 3 sampai 4 kg/cm2 dari daerah penampang melintang otot. Selanjutnya pada buku yang sama dikatakan bahwa daya kontraksi otot berbeda dari kekuatan otot, karena daya adalah ukuran dari jumlah total pekerjaan yang otot lakukan dalam suatu waktu. Oleh karena itu daya tidak hanya ditentukan oleh kekuatan kontraksi otot teteapi juga oleh jarak kotraksi dan berapa kali otot berkontraksi dalam tiap menit.  
Ketahanan otot, menjelaskan tentang bagaimana otot tersebut mampu bertahan dalam melakukan suatu aktivitas, dalam hal ini adalah saat atlet sedang latihan maupun saat bertanding sampai merasakan capek yang menyeluruh. Ketahanan otot ini sangat bergantung terhadap dukungan nutrisi otot. Nutrisi yang paling utama adalah kandungan glikogen yang dapat disimpan dalam otot sebelum latihan.  Glikogen yang diperlukan ini didapatkan dari karbohidrat yang diserap oleh tubuh. Sehingga, orang yang mengkonsumsi karbohidrat memiliki glikogen yang tersimpan dalam otot lebih banyak daripada orang yang mengkonsumsi banyak lemak.
Otot-otot para atlet sebenarnya memiliki metabolisme yang sama dengan orang normal lainnya, dimana energi yang didapatkan oleh otot bersumber dari ATP (Adenosin Triphospate) dan kontraksinya adalah hasil interaksi aktin dan miosinnya. Selain itu fosfokreatin juga merupakan sumber energy pada otot, namun fosfokreatin ini tidak dapat langsung dipakai oleh tubuh, tetapi hanya memberikan energinya kepada ADP (Adenosin Diphospate).

Struktur dasar ATP (Adenosin Triphospate)

ATP, memiliki ikatan fosfat (dengan symbol ~ )berenergi tinggi, dengan tiap ikatan fosfat menyimpan 7300 kalori energy per mol ATP di bawah kondisi standar. Sehingga jika satu fosfat radikal dipindahkan dari molekul, maka akan melepaskan energy 7300 kalori energy yang dapat digunakan pada proses kontraktilitas otot agar dapat bergerak. Kemudian pemindahan fosfat radikal kedua juga dilakukan dan mengeluarkan 7300 kalori energy lagi. Pindahnya fosfat radikal pertama, akan menyebabkan perubahan ATP menjadi ADP, dan pemindahan kedua kemudian mengubah ADP ini menjadi AMP (Adenosin monophospate)
ATP yang terdapat dalam otot, tidak dapat mencukupi energy yang dibutuhkan oleh atlet. Hal ini dikarenakan oleh jumlah ATP dalam otot hanya mdapat mempertahankan daya otot maksimal 3 detik, sehingga ATP harus terus menerus dibentuk. Olehnya itu, diperlukan energy dari sumber lain, yaitu energy dari fosfokreatin (kreatin fosfat).

Struktur dasar kreatinin fosfat (fosfokreatin)
Seperti halnya ATP, fosfokreatin (keratin fosfat) memiliki ikatan fosfat (dengan symbol ~ ) berenergi yang tinggi juga, yaitu sekitar 10.300 kalori per mol, sehingga sangat menunjang pelepeasan energy yang tinggi untuk digunakan otot dalam berkontraksi. Jumlahnya pun (kreatin fosfat) di dalam otot dua kali atau empat kali lebih banyak dibanding ATP.
Kedua penyedia energy di dalam otot ini, yaitu sel ATP dan sel fosfokreatin, bergabung dalam otot dan membentuk system yang disebut system fosfagen. System fosfagen inilah yang menyediakan energy untuk daya otot yang maksimal selama 8-10 detik, waktu yang cukup untuk lari 100 meter. System fosfagen ini diperlukan pada cabang-cabang olahraga yang membutuhkan tenaga otot yang maksimal namun dalam waktu yang singkat, seperti cabang lari cepat 100 meter, melompat, angkat berat, ataupun sepak bola.
Metabolisme ATP pada otot menurut Guyton dan Hall pada buku Fisiologi Kedokteran
Adanya pembentukan energy dari system glikogen-asam laktat juga menambah ketersediaan energy bagi sang atlet. Sistem pembentukan energy ini merupakan mekanisme glikolisis anaerob pada sel-sel otot. Glikogen yang disimpan oleh sel-sel otot dipecah menjadi glukosa (proses glikolisis) tanpa menggunakan oksigen. Selama terjadinya glikolisis, tiap-tiap glukosa akan dipecah menjadi dua molekul asam piruvat, dan energy dilepaskan menghasilkan empat molekul ATP. Asam piruvat yang terbentuk tadi masuk ke dalam mitokondria sel otot dan bereaksi dengan oksigen membentuk banyak molekul ATP. Asam piruvat ini akan diubah menjadi asam laktat, apabila oksigen yang tersedia cukup untuk melakukan proses oksidatif. Asam laktat ini kemudian keluar dari sel otot masuk ke cairan interstisial dan dalam darah. Jadi, dari pembentukan asam laktat ini akan diperoleh banyak energy yang terbentuk tanpa membutuhkan oksigen.

System glikogen-asam laktat ini membentuk energy dengan cepat walaupun tidak lebih cepat daripada pembentukan energy pada system fosfogen. Sehingga, system glikogen-asam laktat banyak digunakan untuk kontraksi otot dalam waktu singkat dan sedang. Bisa dikatakan bahwa energy yang terbentuk dari system ini dapat digunakan pada atlet-atlet yang membutuhkan energy dengan waktu yang cepat untuk pertandingan atau latihan berdurasi lumayan lama, seperti atlet lari cepat 400 meter, berenang 100 meter, tenis, dan sepak bola.

Sumber energy lain adalah dari system aerobik, di mana bahan makan an yang masuk ke dalam tubuh akan dioksidasi di dalam mitokondria untuk menghasilkan energy. Bahan-bahan makanan yang masuk, akan mengalami metabolism dan melepaskan sejumlah energy yang sangat besar dan digunakan untuk mengubah AMP dan ADP menjadi ATP. Energi yang dibentuk sangat lambat jika dibandingkan dengan energy yang dibentuk oleh fosfogen dan glikogen-asam laktat.

Dari sistem metabolisme inilah, ternyata, para atlet mendapatkan energi yang digunakan pada otot-otot mereka. Dan, tentu saja, latihan yang cukup dan teratur akan menambah lebih kekuatan yang mereka punya dan menambah ketangkasan mereka di setiap pertandingannya.

Majulah terus para Garuda Muda Indonesia....karena kalian selalu ada di dada kami!!!

*Ditulis masih dalam suasana euforia Timnas Garuda Indonesia*

Minggu, 27 November 2011

Blog Nakke Sehat Lagi

Alhamdulillah, setelah settingan blog Nakke tiba-tiba rusak, akhirnya sehat juga..Hehehee...
Kemarin sih niatnya mau ganti layout blog, tapi ternyata blog Nakke malah rusak..ckckk...
yaah... akhirnya Nakke malas-malasan buat setel ulang blog. Malah maunya ganti blog lagi, ckckk..tapi ga jadi, mending blog ini aja...
Edit-edit.....................dan,,,tuing tuing.........jadiii,,, sehaat lagii...alhamduilllaah...
Sudah, sekarang sudah punya semangat nulis lagi deeh...
;)

Rabu, 23 November 2011

Printerku Menangis Terbahak-bahak

Alhamdulillah, kini Nakke udah masuk di alam akhir strata satu, biasanya sih disebut Sarjana S1. Nakke sudah melewati jalan-jalan berliku banget tuk bisa memburu gelar ini. Mulai dari bahan kerjaan para senior saat Nakke masih MABA, lalu pergi ke ruangan kuliah kesana kemari, paling sering telat masuk kuliah, sampai-sampai Nakke pernah disuruh tutup pintu ruangan kuliah dari luar .. It's mean you should be out!!hehee.... kalau sudah begini,,yaah...cuma bisa tepok jidat. apeesss.... EEhhh, masuk semester sebelas *waah...Nakke tua banget yaah di kampus Merah,ckckckk..* nyusun skripsi........and then,, ujian sidangnya 18 Oktober,, niy harus diingat niiy..hehee,, 
Okee...skarang,, Nakke sudah ngeprint skripsi yang udah disetujui sama pembimbing Nakke. Setelah pantulan sana-sini, akhirnya jadi juga karya pertama terbaik Nakke, SKRIPSI....harus diprint sebanyak 7 RANGKAP PEMIRSA!!! NO FOTOKOPI!!NO API-API!! *looh...* jadi, malam niy..malam buat kita berdua yaah printer... :*
Tengah malam gini, Nakke masih bercengkrama mesra dengan printer CANON PIXMA MP 258, sambil puter lagu melow slow kek marshmelow...mumpung hati juga lagi slow-slow motion..hehee,,
Sampe jam 1.30 am gini,,printer Nakke ga istirahat-istirahat..dia nangis terbahak-bahak..Nangisnya kelewatan..gara-gara Nakke paksain kerja rodi biar pagi bisa jilid skripsi trus bisa minta tanda tangan...
Satu aja pesan Nakke sama kamu printer...Marilah kita berjuang bersama hingga tetes tinta terakhir!! GANBATTE NE!!HWAITING!!!EWAKO!!
I Love You My Canon PIXMA muuaach :*

*ditulis dalam keadaan setengah gila setengah sadar, efek samping dari semangat tak terbendung meninggalkan dunia strata satu farmasi*

Kamis, 17 November 2011

Elixir 2006 : Memori yang indah

Tengah malam, terbangun dari tidur yang tidak begitu nyenyak. Perasaan gelisah tak menentu, ku bertanya dalam hati, akankah rasa ini menjadi kenyataan? Ku colok kabel telkomnet instant dari rumahku, dan kusambungkan ke port yang ada di laptop, kuperiksa detil demi detil window yang muncul, dan satu kata yang kudapat, connected. Serta merta kubuka Open Source Mozilla Firefox dan kuketik nama situs www.spmb.com. Dari lubuk hati paling dalam ku berdoa semoga apa yang aku usahakan selama 3 tahun di SMA 5 Makassar dapat menuai hasil yang baik : LULUS SPMB. Yah, pilihan pertama FK UH dan yang kedua Farmasi UH, pilihan sejuta siswa di kota ini. Lama terlihat loading, dan akhirnya kutemukan halaman situsnya, sambil kuketik no. idetitas pesertaku, gugup yang terasa. Dan mataku tertuju pada satu titik, titik di mana tertulis kalimat SELAMAT! ANDA LULUS pada pilihan 8210444! ALHAMDULILLAH! TERNYATA AKU LULUS DI FARMASI UH!!! Langsung kutersungkur dan bersujud syukur.
Laki_06 jaman PB 521
 Hari berganti hari, waktu berjalan silih berganti. Kutemukan teman-teman baru, habitat baru, tempat menuntut ilmu yang baru, dengan suasana baru, haru biru..tempat di mana kumulai pengalaman-pengalaman yang tak akan terlupakan, ELIXIR 2006. Sebuah komunitas khusus MABA 2006 yang menghimpun talenta-talenta muda yang CERDAS, KREATIF, INOVATIF,,YESS..!!! yang juga merupakan Jargon Original ELIXIR 2006. Penuh canda, tawa, suka, duka yang dilalui bersama. Mulai dari LATIHAN GB, CARI TANAMAN MORTUM TENGAH MALAM, BUAT EMPULUR, MINUM TEH POCCI BERSAMA, NGELABA DI DEPAN EBS, KULIAH PB 521 sampai di ujung-ujung perjuangan akademik, PENELITIAN. Semua dilakukan dengan saling membantu, karena adanya satu rasa satu hati, bahkan TIMBUL DAN TERUS TUMBUH RASA CINTA ITU, YANG RASANYA TIADA TERKIRA, antara ELIXIR 2006,dan aku sendiri, tidak dapat menafikan rasa itu. Yaah, tidak dapat dinafikan masih banyak kekurangan yang ada dalam tubuh ELIXIR 2006, dan itu juga karena KAMI HANYA MANUSIA BIASA..dan yang paling diingat adalah TIM BOLA ELIXIR 2006 YANG TAK PERNAH LOLOS DARI JURU KUNCI ALIAS DEGRADASI pada tiap AKTIMASI (Ajang Kreatifitas Mahasiswa Farmasi), padahal telah banyak PENGORBANAN TEMAN-TEMAN LAIN YANG MEMBUATKAN PISANG GORENG KIPASNYA DAN ES TELER di saat2 pertandingan.
Ketua angkatan yang menjadi khas 2006, yang tak kulupakan jasa-jasanya, Arie Arizandi Kurnianto, yang menjabat sebagai ketua angkatan 2006 yang kemudian digantikan oleh Khairuddin, meski sebelumnya muncul isu naiknya Yasir Nasir sebagai ketua angkatan baru, berusaha untuk terus mempersatukan kami, walau hanya sekadar RAPAT ANGKATAN, BUKA PUASA BERSAMA, ataupun PENGAJIAN.
Tidaklah cukup tinta ini untuk menuliskan kenangan-kenangan bersama ELIXIR 2006, terukir banyak tawa dan tangis. Dan akhir kata, terima kasih untuk seluruh warga ELIXIR 2006 yang menjadi TEMPAT TERINDAH dan akan DIKENANG SEPANJANG MASA. Terkhusus untuk TEMAN-TEMAN COWO’ (sekarang lebih dikenal dengan nama LAKI_06) atas berbagai sumbangan moril bahkan materiil, semoga Allah akan mempertemukan kita smua, warga ELIXIR 2006 dalam keadaan berhasil di dunia dan di akhirat.

TER-AWARDS
Ter-baik :Avdal (slalu dia usahakan u bantu) samaAlfianti, hehe..
Ter-ramah :yasir (cobami bicara kasarko,,pasti tetapjie senyum) sama Ila Bakri
Ter-bijak: Elu (slalu bikin keputusan2 yang tidak berat sebelah)
Ter-manja : Putu laaah...(biar beli kacamata disuruh temani) sama wana, (jabe mungkin)
Ter-koroang2 : Fina (hahaa...ini asli penilaianku) sama Avdal (mukanya jie koro-koroang)
Ter-gemuk :kasim sama Qrul (buncit tepatnya, huahahaha..)
Ter-kurus : Esha tawwa..(Amin, hahaaha)
Ter-rapih :Zaky (kemeja kotak-kotak, celana kain, rambut tidak pernah kusut)
Ter-Lucu: Abeeee sama Jay (tpatnya Aneh)
Ter-manis: Nakke doong, sama mega (hahaha... *jadi maaluu*)
Ter-keren: dian sama arie (GBnya yang keren..)
Ter-sinis: tinny?? (tersipit mungkin dii’..hihi*)
*diposting dalam lingkup udara yang dingin dengan wajah yang berseri sambil ketawa tersenyum dan salto abis, tengah malam pada malam jumat 17 Nopember 2011*

Selasa, 08 November 2011

Ruang meeting Farmasi Unhas

Pukul 8.15 am saya sampai di ruang meeting Fakultas Farmasi Unhas. Ruangan yang bernuansa alam. Suasana coklat dan ornamen kayu. Meja meeting dari kayu yang mengkilap dengan beberapa susun undangan pernikahan atas nama anak dari ibu dekan, di atasnya. Di meja inilah, sekarang, saya membuka laptop dan menyempatkan diri "bersemedi", (jika meminjam istilah Yusran Darmawan yang mendefinisikan kata "menulis"), ditemani oleh Pak Rahman, pegawai tata usaha yang sudah lebih dahulu datang sambil membaca Tribun Timur edisi hari ini.
Sebenarnya tidak ada yang menggiring saya ke kampus hari ini, kecuali hanya untuk memenuhi amanah dari pembimbing saya, Ibu Mufidah -semoga Alloh menjaganya- yang meminta bantuan saya untuk mengurus undangan promosi doktoralnya, yang insyaallah dilaksanakan hari jumat ini. Saya pun datang ke ruangan meeting untuk bertemu dengan Kak Ria. Namun Kak Ria belum juga datang. Sembari menunggu Kak Ria datang, saya menyempatkan diri melatih skill menulis di White Book ini. Mumpung ada jaringan Wi-Fi yang tertangkap kamera..hehee,, terdeteksi laptop maksudnya...:D
Pukul 8.30 am, meja Front Office di luar ruangan meeting fakultas sudah mulai agak ribut. Nampaknya para pegawai sudah mulai berdatangan untuk mengabsen. Kegiatan ini juga rutin dilakukan para pegawai.
Masih belum ada juga Kak Ria nih, padahal sudah jam 8.50 am, yang menurut saya semustinya pegawai sudah datang daritadi. Mahasiswa aja sudah banyak yang datang, gimana sih. Tapi, yaah...saya berpikir positif, mungkin Kak Ria sementara mengurus hal-hal yang penting.
Untuk menghilangkan rasa bosan menunggu, saya berkeliling-keliling ruangan. Baru kali ini saya berkeliling, melihat-lihat dengan baik ruangan meeting ini, padahal ruangan ini sering saya datangi, untuk mencari dosen atau pun bertemu pembimbing. Tapi setiap kali ke ruangan ini, belum pernah ada kesempatan untuk berkeliling dan memperhatikannya. 
Saya melihat ada beberapa pajangan foto di dindingnya. Foto-foto paling menonjol adalah foto-foto mantan ketua jurusan farmasi Unhas. Foto-foto yang terpajang seperti foto Drs. Syartuni, Apt. (ketua jurusan farmasi fak.MIPA 1963-1966), Drs. Djoko Hargono, Apt. (ketua jurusan farmasi fak. MIPA 1970-1973), Drs. Iskandar Sudirman, Apt. (ketua jurusan farmasi fak. MIPA 1973-1979), Drs. Frans A. Rumate, Apt (ketua jurusan farmasi fak. MIPA 1979-1987), Dra. Susanti Said, MS, Apt (ketua jurusan farmasi fak. MIPA 1987-1990), dan dua foto ketua jurusan yang tertutupi oleh layar LCD, yaitu foto Prof. Dr. H. Muchsin Darise, M.Si, Apt (ketua jurusan farmasi fak. MIPA 1990-1996) dan Prof. Dr. H. Tadjuddin Naid, M.Sc, Apt (ketua jurusan farmasi fak. MIPA 1991-1999). Merekalah yang menjadi pemimpin-pemimpin di masa lalu, yang kemudian menjadikan farmasi unhas berkembang seperti sekarang ini.
Foto beberapa ketua jurusan yang pernah memimpin farmasi unhas
Dan,,akhirnyaa................setelah penantian panjang ini,, pukul 9.25 am, Kak Ria datang,,,Alhamdulillaah....:)

Senin, 07 November 2011

Idul Adha bersama keluarga

 Sangatlah indah jika perayaan Idul Adha dirayakan bersama keluarga. Inilah indahnya hidup dekat dengan keluarga. Ceria, Senang, Suka, dan banyak lagi rasa. Senyuman manis mereka tak akan terlupakan dan tak akan habis termakan waktu.

ki-ka : kak ina, kak anti, nurul, mama, kak uni, dan Nur berfoto setelah sholat 'Id di karebosi
Saya dan wawan, naik motor, karena mobil tidak muat

Ki-ka : chungchung, Nurul, Nabyl, dan Hykma setelah makan-makan

Kamis, 03 November 2011

Fakultas Farmasi Unhas dan IAI Makassar Buat Seminar Antikanker

Tiga hari yang lalu, tepatnya tanggal 1 Nopember 2011, Fakultas Farmasi Unhas bekerja sama dengan pengurus daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Makassar menyelenggarakan seminar di Rumah Sakit Pendidikan Unhas. Seminar yang merupakan bagian dari program rutin pengurus daerah IAI Makassar yang lazim disebut dengan Continuing Professional Development (CPD) ini bertujuan memberikan pendidikan kelanjutan bagi anggotanya.
Kegiatan ini dimulai dari pukul 9.00 hingga pukul 15.00, dan dihadiri oleh wakil dari pengurus IAI Makassar, Subehan Lallo, Dekan Fakultas Farmasi Unhas Elly Wahyudin, Wakil Dekan I Fakultas Farmasi Unhas Marianti A. Manggau, serta sejumlah apoteker dan dosen Farmasi yang juga merupakan anggota IAI Makassar. Hadir juga dalam seminar ini para mahasiswa profesi apoteker Unhas sebagai pesertanya. Dalam seminar ini, Dekan Fakultas Farmasi Unhas Elly Wahyudin memberi kata sambutan sekaligus membuka acara. 
Tema seminar yang diusung kali ini adalah perkembangan mutakhir antikanker. Tema ini membahas empat materi, yang masing-masing disampaikan oleh narasumber yang ahli dalam perkembangan pengobatan, yaitu Gatot Lawrence, Burkhard Kleuser, Mae Sri Hartati W., dan Hadijah Tahir. Materi pertama disampaikan oleh Gatot Lawrence, membahas mengenai peran radikal bebas pada patobiologi kanker. Gatot Lawrence memaparkan bagaimana radikal bebas dapat menimbulkan kanker pada manusia. Sedangkan materi kedua oleh dosen tamu dari Jerman, Burkhard Kleuser. Burkhard Kleuser menjelaskan tentang angiogenesis sebagai target dalam terapi tumor atau kanker. Dosen bagian farmakologi dan toksikologi University of Potsdam Jerman ini memaparkan bahwa telah dikembangkan obat-obat antikanker terbaru yang dapat menyerang angiogenesis sebagai target untuk melumpuhkan kanker yang ada. Setelah istirahat untuk sholat dzuhur dan makan siang, seminar dilanjutkan oleh narasumber ketiga, Mae Sri Hartati W, yang membawakan materi prospek pengembangan herbal sebagai antikanker. Mae menjelaskan bahwa beberapa herbal yang ada di Indonesia dapat digunakan sebagai kemoterapi antikanker, seperti Traxus brevifolia, Podophyllum peltatum, dan Chatarantus roseus. Materi terakhir dibawakan oleh Hadijah mengenai tatalaksana penyiapan sitostatik oleh farmasis di rumah sakit.
Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti seminar ini. Pada sesi tanya jawab, salah seorang peserta meminta izin kepada pemateri untuk menyalin data dari materi seminar yang dibawakan oleh para narasumber. Pemateri yang ditanya kemudian menganggukkan kepalanya tanda ia mengizinkan u menyalin materi tersebut.
Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang luas dan terkini mengenai antikanker bagi anggota-anggotanya yang merupakan para apoteker.

Jumat, 28 Oktober 2011

Cermin Sumpah Pemuda : Pemuda bukanlah perusak, namun pembangun !

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, menjungjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia
Masihkah banyak yang mengingat bait-bait ini? yah..itu adalah bait-bait sumpah pemuda Indonesia, diikrarkan 28 oktober 1928. Sumpah yang mewakili kesetiaan pemuda Indonesia dalam membangun negerinya. Lihatlah, betapa komitmen pemuda dulu dalam memajukan negaranya, bersatu dan bekerja keras.

Spirit pemuda, sangatlah penting dalam pembangunan suatu negeri. Tidaklah salah jika Soekarno mengungkapkan, "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia". Itu karena satu orang pemuda memiliki banyak sekali mimpi, dan semangat yang dimiliki satu orang pemuda, lebih besar dan lebih meluap-luap dibandingkan orang yang tua. Semangat inilah yang dimiliki oleh para pemuda Indonesia yang juga berperan penting dalam merebut kemerdekaan.

Semangat inilah yang harus ada dalam para pemuda. Semangat yang membangun negeri. Namun, semangat dan kekuatan yang dimiliki oleh pemuda, tentunya hendaknya diikuti dengan keinginan dalam membangun kebaikan, bukan malah merusak apa yang telah dibangun  bersama.

Mari menjadikan semangat pemuda, hari ini dan seterusnya, untuk membangun negeri.

Rabu, 26 Oktober 2011

Pagi yang romantis

And baby when you sleep
I watch you breathing
Baby when you dream
I dream with you
Cause everywhere you are is where
I wanna be
It's true everything you do
Makes me know how much I love you.


Laptop kesayangan Nakke lagi ngeblog romantis,,tumben,,hehee.....
Sepenggal bait tembang lawas namun berasa romantis ini, mengingatkan Nakke sama My Sweet Yellow untuk pagi ini. Walau sebenarnya tiap hari ia menari-nari dalam memoriku..:)
Pagi ini, Nakke sengaja buka laptop dan ngeblog buat ungkapin sisi romantis Nakke yang tiba-tiba muncul, karena Nakke pikir Nakke punya sisi romantis, walau sedikit..hehee
Yaah... Semoga Allah mengikat Nakke dan MSY hingga ke akhirat yang indah...amiin yaa robbal'alamin..
:)

Awal dari Akhir Perjalanan

*Perjalanan ini, terasa sangat menyedihkan..sayang engkau tak duduk di sampingku kawan...*
 
Alhamdulillah...akhirnya selesai juga perjuangan skripsi ini. Setelah Nakke mengikuti beberapa "ritual" mahasiswa tingkat akhir, mulai dari penyusunan proposal, lari-lari keliling kampus mengejar bapak dan ibu dosen pembimbing, seminar I, seminar II, dan akhirnya..ujian sidang, maka Nakke pun sudah bisa senyum-senyum sumringah.

Akhirnya...
Apakah ini betul-betul telah selesai ? Enak ajaah...belum laah..Masih ada ritual terakhir yang wajib Nakke jalani, kerja pantulan sidang *bahasanya gak enak banget yaah..kebayang orang lagi sidang trus dipantul2in ke meja sidang,,hahaha....*, mencari-cari tanda tangan pengesahan skripsi ke pembimbing dan penguji, dan tahap akhir, pengurusan BPS (Bukti Penyerahan Skripsi) dan daftar wisuda online.
Tapi, setidaknya, Nakke sudah bisa bernapas lega, seperti sudah menelan permen Wood's saat tenggorokan lagi nggak bersahabat. Waktu Nakke keluar dari ruangan sidang, Nakke dapat sambutan hangat ceria dari teman-teman seangkatan. Pas langkah kaki pertama keluar ruangan, yang terbayang adalah senyum orang tua Nakke, kemudian senyuman orang-orang yang selama ini memberi bantuan ke Nakke, trus senyuman, semangat, dan dorongan dari My Sweet Yellow, dan mayat-mayat tikus putih galur wistar *beuuh...kalo nulis dan baca kata "tikus" itu bawaannya mau tulis dan bilang tikus putih galur wistar teruss...-efek samping pembuatan skripsi,hehee...* yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi penelitian Nakke. Untuk ucapan terima kasihnya, bisa dilihat di lembar ucapan terima kasih di skripsi Nakke. :)

Aura ketegangan
Ruangan sidang Nakke sebenarnya adalah ruang dosen biofarmasi -ruangan kebanggan Nakke- yang disulap sama kak Cia -laboran enterpreneur yang Nakke kenal- buat ujian sidang, jadi keren banget. Ujian sidang yang penuh dengan aura-aura ketegangan, dapat diredam dengan tata ruang sidang yang menawan oleh kak Cia *big thanks for aunty Cia...hehe*

Senin, 07 Maret 2011

Apa yang Perlu Diketahui Saat Penelitian dengan Menggunakan Tikus Putih??

Tikus putih (Rattus norvegicus) adalah hewan yang sering sekali digunakan dalam berbagai penelitian khususnya di bidang biofarmasi. Tikus putih juga menjadi hewan coba paling favorit dalam penelitian yang berhubungan dengan kolesterol. Namun, ada beberapa hal yang penting diketahui dalam menangani tikus putih ini. untuk lebih jelasnya silahkan baca lebih lanjut.

Karakteristik umum
Tikus memiliki sejumlah fitur unik yang membedakan mereka dari mamalia lain. Tikus adalah mamalia fusiform dengan ekor panjang yang merupakan 85% dari panjang tubuhnya. ekor
melengkapi keseimbangan dan lebih panjang pada jantan daripada betina. Fungsi ekor tikus adalah baik sebagai organ keseimbangan dan mekanisme kehilangan panas. tikus tidak memiliki kelenjar keringat kecuali yang pada telapak kaki berbulu. forelimbs masing-masing berjumlah empat buah, dan hindlimbs masing-masing berjumlah lima berisi. Tulang pada epiphyses tikus tidak menutup dan tumbuh terus-menerus sepanjang hidup. pada tikus yang lebih tua, banyak dari sumsum diganti dengan lemak. estrogen dapat menyebabkan penutupan epiphyses pada betina. rambut tumbuh di semua bagian dari hewan kecuali, hidung, ekor, telapak tangan, telapak, dan bibir.

Tikus digunakan secara luas sebagai model hewan. gigi geraham tikus sangat mirip dengan
manusia, dan tikus tersebut sering digunakan sebagai model untuk penelitian gigi. ketidakmampuan tikus untuk muntah membuat model hewan yang berguna untuk studi toksikologi. tikus Benn tujuan-dibiakkan cocok untuk penelitian pada penyakit manusia spesifik, termasuk hipertensi, diabetes insipidus, katarak, dan obesitas.

Sikap
Tikus adalah hewan nokturnal tetapi dapat menyesuaikan diri k
epada suatu iklim yang mudah berubah. Tikus merupakan hewan yang sangat sosial dan melakukannya dengan baik ketika terkurung bersama pasangan atau kelompok. Sebagian kecil dari tikus, terutama jantan, akan mengembangkan kecenderungan agresifnya saat mencapai pubertas. Namun, tikus betina yang ditempatkan bersama-sama dalam satu kandang lebih suka berkelahi daripada tikus jantan yang ditempatkan bersama-sama dalam satu kandang. Betina cenderung menjadi sangat agresif terhadap betina lain. kebanyakan tikus jinak dan merespon dengan baik biasanya, dengan  penanganan yang lemah lembut. tikus biasanya menikmati berinteraksi dengan para pengasuh manusianya.

Tikus dapat dengan mudah dilatih dengan menggunakan berbagai teknik modifikasi perilaku. kelompok tikus disebut sebuah kejahatan. tikus neonatal yang menerima fegular, penanganan lembut tetap cukup jinak sepanjang hidup. tikus lebih suka lingkungan di mana mereka bisa bersembunyi. mereka suka wxplore dan menikmati mendaki. tikus yang colorblind. sarang kegiatan pengembangan sering termasuk penciptaan liang dimana binatang dapat menyembunyikan. mengunyah terus membantu menjaga gigi seri dari tumbuh berlebihan.

Rute Oral
Obat yang diberikan melalui mulut mirip dengan administrasi IP di bahwa mereka pertama diserap ke dalam sirkulasi portal sebelum pindah ke sirkulasi sistemik. itu umumnya tidak dianjurkan untuk menempatkan obat dalam botol air karena binatang sering akan menolak untuk minum dan menjadi sangat sakit. ketika obat harus tempat ke dalam sumber air untuk pengobatan sejumlah besar hewan, disarankan bahwa sejumlah kecil gula atau sirup (5ml / L) ditambahkan untuk membuat larutan tersebut lebih cocok. obat untuk oral juga dapat dicampur dalam makanan jika hewan yang diberi makan diet bubuk atau makan-tipe. 


Gavaging hewan dengan jarum makan stainless steel adalah metode yang disukai untuk mengelola medicationss oral untuk hewan individu. jarum harus memiliki akhir-tip bola. makan ukuran jarum yang sesuai untuk rentang tikus 16-18 mengukur dan dari 2 sampai 3 inci panjang. tikus harus tegas terkendali, sebaiknya dengan ibu jari dan jari telunjuk untuk menahan kepala hewan di tempat. jarum dilumasi, biasanya dengan bahan yang akan diberikan, dan kemudian ditempatkan di diastema mulut. jarum kemudian lembut maju sepanjang bagian atas langit-langit mulut sampai kerongkongan tercapai. jarum harus lulus dengan mudah ke kerongkongan. binatang dapat menelan ketika jarum mulai bergerak melalui kerongkongan. penempatan yang tepat setelah diverifikasi, materi dapat diberikan oleh jarum suntik yang melekat pada akhir jarum. jarum tidak harus diputar sekali yang ditempatkan karena ujung bisa ruprute kerongkongan. Kateter karet fleksibel (8 Fr) juga dapat digunakan untuk gavage tikus. Namun, hewan cenderung menggigit tabung, maka sebuah spekulum lisan pertama harus ditempatkan.

Teknik pengumpulan darah
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan sampel darah pada tikus tergantung pada volume darah diperlukan, usia binatang dan hewan, dan tingkat keterampilan teknisi. tikus memiliki volume darah total sekitar 50 kg mL /. tidak lebih dari 10% dari volume darah harus ditarik pada satu waktu. total volume yang dapat dihapus dari tikus yang sakit biasanya smalleer banyak. volume kecil darah dapat dikumpulkan dengan memangkas ekor atau kuku. pembuluh darah ekor lateral dapat digunakan untuk mengumpulkan volume darah yang lebih besar. aneshesia diperlukan untuk koleksi sampel dari pleksus retroorbital, urat nadi, vena femoralis, arteri ekor ventral, vena kava tengkorak, atau jantung.

Cardiocentesis
Cardiocentesis harus dilakukan dengan tikus di bawah anestesi. karena probabilitas yang relatif tinggi Bencana Kerusakan jantung dan komplikasi lain, pengumpulan darah dari jantung atau vena kava biasanya hanya dilakukan sebagai prosedur terminal atau tikus dalam penelitian biokimia. prosedur dapat dilakukan dengan tikus baik dalam penyerahan diri lateral atau punggung. untuk penyerahan diri lateral, jantung dapat dimasukkan hanya ekor ke siku. prosedur untuk pengumpulan darah intracardiac oleh penyerahan diri punggung meliputi memasukkan jarum melalui perut, hanya lateral proses cranially xiphoid dan diarahkan ke jantung.


(Sirois, Margi. 2005. Laboratory Animal Medicine : Principles and Procedures. Elsevier Mosby.St. Louis, Missouri,USA. P. 50-70)

Study explains link between cholesterol-lowering statin drugs and depression

Results of a new study may explain why some people who take the anti-cholesterol drugs known as statins report feelings of anxiety and depression.
Researchers studied the effects of the statin drug mevastatin in animal models.
In lab tests using human serotonin receptors expressed in animal cells, they showed that long-term use of the drug caused significant changes in the structure and function of serotonin cell receptors, which are known to influence mood and behavior. Adding cholesterol to cells treated with mevastatin restored them to normal.
The scientists say the results represent the effect of long-term cholesterol depletion on this type of cell receptor and suggest that chronic, low cholesterol levels in the brain might trigger anxiety and depression.
Statins are routinely prescribed to treat high cholesterol and have been credited with helping millions to avoid heart attacks and strokes. In addition, healthcare experts say these medications generally have few negative side effects.
Eating a healthy diet and getting regular exercise are often considered key to keeping cholesterol in check. Among the herbs and nutritional supplements believed to help lower cholesterol are fish oil, flaxseed, garlic, blond psyllium, guggulipid extract, green tea extract and beta sitosterol. (By Mark Vavoulis • Jul 6th, 2010)

Jumat, 18 Februari 2011

Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin : sejarah dan perkembangannya

Since the establishment of fakulty of mathematics and natural sciences in which pharmacy was one of the departements on 17th of august 1963, till the official launching of its faculty status in 2007 (SK Rektor Unhas No. 411/H4/O/2007 tertanggal 14 Maret 2007), studying at the faculty of pharmacy has meant being part of a rich tradition of excellence in education management accreditation, grade B (1998) which then was improved into grade A (2006) ) (BAN decree No. 010/BAN-PT/Ak-X/s1/VIII/2006), becomes the main reason why study at the faculty of pharmacy.

Faculty of pharmacy Hasanuddin University cooperates with stakeholders, pharmaceutical proffesional association (ISFI-Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia) and Indonesian pharmaceutical higher education association (APTFI-Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia) to arrange competence standard for graduates of pharmacy and apotekers.

Vissions and missions of the faculty are :
-          To produce qualified pharmacists with highly skilled-scientific background
-          To conduct research in the national level as a reflection of arts, sciences and technology-related pharmacy
-          To create a conducive academically atmosphere that basically will be beneficial for society
-          To increase productivity and quality of pharmacists in accordance with business work and development needs
-          To strengthening external linkages with stakeholders both in the national and international levels.

Sejak pendirian fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA) pada tanggal 17 Agustus 1963, yang mana farmasi merupakan salah satu jurusan/departemendi dalamnya, hingga peluncuran status farmasi sebagai suatu fakultas pada tahun 2007 silam (SK Rektor Unhas No. 411/H4/O/2007 tertanggal 14 Maret 2007), penelitian di Fakultas Farmasi menjadi bagian penting dari kaya akan tradisi yang baik  dalam pendidikan dan penelitian, dengan akademik-akademik berkelas nasional. Akreditasi manajemen internal farmasi, grade B (1998) yang kemudian naik ke grade A (2006) (BAN decree No. 010/BAN-PT/Ak-X/s1/VIII/2006), menjadi alasan utama untuk belajar di fakultas farmasi.

Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan para stakeholder, asosiasi profesi kefarmasian (ISFI- Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia) dan asosiasi pendidikan tertinggi farmasi Indonesia (APTFI-Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia) untuk menata standar kompetensi lulusan farmasi dan apoteker

Visi dan misi fakultas farmasi adalah :
-          Menghasilkan farmasis yang berkualitas dengan skill yang tinggi-berbasis sains
-          memimpin penelitian dalam tingkat nasional sebagai refleksi seni, sains, dan teknologi farmasi
-         membentuk suasana kondusif secara akademis yang pada dasarnya akan menjadi bermanfaat untuk masyarakat
-          meningkatkan produktivitas dan kualitas farmasis  sesuai dengan  bisnis kerja dan kebutuhan perkembangan.
-          Memperkuat jaringan eksternal dengan stakeholder di tingkat nasional dan internasional.
(translated by : A3)

salam pendahuluan

assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh...
alhamdulillah, segala puji dan syukur atas segala nikmat dan kebaikan yang telah diberikan oleh Alloh Yang Mahapemurah lagi Mahapenyayang,, yang telah memberi kesempatan untuk dapat memanfaatkan blog ini sebagai tempat menyalurkan bakat dan melatih kemampuan dalam menulis dan membagi ilmu.

Adapun blog ini saya buat untuk memenuhi berbagai kebutuhan akan informasi seputar dunia kefarmasian secara umum dan farmasi unhas secara khusus.

disadari bahwa blog ini memiliki banyak kekurangan dalam segala hal, baik tampilan maupun isinya. olehnya itu sangat diharapkan kritik dan sarang yang membangun untuk perbaikan selanjutnya.

salam,
akbar awaluddin assaf